MI TAWAKKAL DENPASAR TERAKREDITASI A TAHUN 2015 MI TAWAKKAL DENPASAR ISLAMIC FULL DAY SCHOOL JL. RAYA PUPUTAN 26 RENON DENPASAR TELP. 0361 - 234459. EMAIL : [email protected] KEHADIRAN WEBSITE INI MERUPAKAN PENGEMBANGAN DARI MAJALAH ATTARBIYAH MI TAWAKKAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN INFORMASI PIHAK SEKOLAH, WALI MURID DAN MASYARAKAT.
Image
By Admin istrator

Sejarah Singkat

07 Nov 2018  |  

SEJARAH BERDIRINYA TAWAKKAL

Kalau kita bicara tentang awal mula berdirinya Tawakkal, Kami teringat sosok Kartini yang luar biasa dibalik pendirian Tawakkal yang tak hanya mensupport secara moral akan tetapi materi yang tak sedikit, bahkan turut mencurahkan segala pemikiran beliau demi kemajuan Tawakkal diawal pendiriannya. Beliau adalah seorang pengusaha wanita sukses  dan muallaf yang terkenal sangat disiplin, tegas, dermawan dan mencintai kebenaran. Beliau adalah istri dari bapak alm. H. Andi  Anwar Abbas, Masyarakat memanggil beliau dengan  Ibu Hj. Andi  yang ketika itu sangat peduli pada pendidikan anak-anak muslim sekitar tempat kediaman beliau yang baru (Red.Tawakkal yang sekarang). Karena semangat ke-Islam-annyalah beliau memprakarsai pendirian Mushola yang didukung penuh oleh para tokoh warga sekitar Mandalasari jauh sebelum pendirian Yayasan Tawakkal.

Berdirinya mushola Tawakkal inilah cikal bakal berdirinya Yayasan Tawakkal, yang mana disitu tempat berkumpulnya masyarakat, para pemuda, para ‘alim ulama, dan anak-anak yang turut serta memakmurkan mushola. Canda ceria anak-anak inilah yang membuat resah masyarakat dan para pengurus mushola, sehingga muncullah inisiatif untuk memberikan pendidikan Alqur’an kepada anak-anak muslim sekitar mushola, akhirnya para pengurus Mushola bersinergi dengan para anak muda yang siap belajar dan mengajarkan Al Qur’an berdirilah Taman Pendidikan Al Qur’an pada tahun 1990 –an yang mana pada awalnya hanya untuk anak-anak sekitar mushola saja tetapi hanya beberapa waktu  semakin meningkat santri TPQ Tawakkal. Semua itu juga berkat support dari almh. Hj. Andi.

Sekitar pada tahun 1997 dibuka kelas umum bagi santriwan/wati taman pendidikan al-quran di jalan raya puputan no 26. Pembukaan kelas mengaji tersebut diinisiasi oleh almarhumah ibu Andi lantaran miris dengan kondisi masyarakat di sekitaran Renon yang tidak memiliki tempat mengaji bagi putra-putri generasi penerus Islam. Bak gayung bersambut, apa yang dipikirkan dan dilaksanakan oleh Almarhumah sangat didukung oleh masyarakat muslim karena pada saat itu sangat dibutuhkan tempat mengaji dan berkegiatan masyarakat muslim.

Taman pendidikan alquran (TPQ) tersebut diberi nama TPQ Tawakkal.  Diawal bediri TPQ Tawakkal memiliki 30 santri dengan 2 ustadz/ustadzah sebagai pengajar.

Hari berganti hari, antusias masyarakat muslim akan ilmu agama islam semakin tinggi. Oleh karena itu, selain dijadikan tempat pembelajaran bagi santri cilik, TPQ Tawakkal juga dijadikan semacam home base dalam berkegiatan masyarakat muslim disekitaran Renon.  Hal itu ditandai dengan majelis taklim khusus muslimat, pengajian rutin khusus bapak-bapak, dan kegiatan hari besar islam yang semuanya dilaksanakan atau dipusatkan di TPQ Tawakkal.

 


About Us

Alhamdulillah, atas izin dan karunia Allah akhirnya website MI Tawakkal dapat kita resmikan bersama dengan domain mi.tawakkal.sch.id . Langkah ini merupakan wujud kepedulian kami keluarga besar MI Tawakkal akan pentingnya sebuah media pembelajaran dan tempat berbagi informasi yang mudah diakses dan lebih luas cakupannya lewat dunia cyber.

Prestasi