Image
By Admin istrator

4 Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Makhluk-Nya Menurut Al-Qur'an

05 Nov 2018  |   Ruang Khasanah

4 Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Makhluk-Nya Menurut Al-Qur'an

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim

  1. Tingkat Rezeki Pertama Yang Dijamin Oleh Allah.

    "Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya," (QS. HUD : 6)

    Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum, untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Hal tersebut adalah rezeki dasar yang terendah.

  2. Tingkat rezeki yang kedua, yang di dapat sesuai dengan apa yang diusahakan.

    "Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakan." (QS. An-Najm : 39)

    Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika seseorang bekerja selama 2 jam, dapatlah hasil yang 2 jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, seseorang akan mendapat lebih banyak. Tidak pandangan dia itu sekarang mukmin atau kafir.

  3. Tingkat Rezeki ketiga adalah rezeki lebih bagi orang-orang yang pandai bersyukur.

    "......Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat ku), maka sesungguhnya azabku sangat pedih." (QS. Ibrahim : 7)

    Inilah rezeki bagi orang yang di sayang oleh Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendapat rezeki yang lebih banyak. Inilah janji Allah!!! Orang yang pandai bersyukur yang dapat hidup bahagia, sejahtera dan tenteram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah tambahkan selalu.

  4. Tingkat Rezeki keempat adalah rezeki istimewa dari arah yang tidak disangka-sangka bagi orang-orang yang bertaqwa dan bertawakal pada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

    "........Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan bagi-Nya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencelupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-thalaq : 2-3)

    Peringkat rezeki yang ke empat ini adalah rezeki istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Rezeki ini akan Allah berikan dari arah yang tidak disangka-sangka.Mungkin pada saat seseorang berada dalam kondisi sangat,-sangat membutuhkan.

Barokallohu fikum